Loading Now
×

TPN Ganjar-Mahfud Protes Gibran Tinggalkan Podium Saat Debat, Minta KPU Tegas

TPN Ganjar-Mahfud Protes Gibran Tinggalkan Podium Saat Debat, Minta KPU Tegas

JAKARTA, BERITALOKAL.com – Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud mempersoalkan sikap calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Gibran Rakabuming Rama yang kerap meninggalkan podium dalam debat cawapres, Jumat (23/12/2023) kemarin.

Ketua Tim Penjadwalan TPN Ganjar-Mahfud, Aria Bima, meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) bersikap tegas agar semua kandidat menaati aturan debat.

“Saya nunggu KPU ada ketegasan, kelihatannya teknis, tapi ini masalah bagaimana memberikan ruang yang sama seluruh paslon untuk melakukan hal yang terkait teknis debat. Kami paslon 3 taat itu,” kata Aria dalam konferensi pers, Sabtu (23/12/2023), dikutip dari YouTube Kompas.com.

Baca juga: ziarah ke makan bung karno, prabowo: beliau proklamator pahlawan kita

Gibran Rakabuming Raka Meninggalkan Podium Tanpa Penjelasan

Aria mengaku diarahkan oleh pihak KPU bahwa kandidat tidak boleh berjalan ke kanan, kiri, dan depan podium.

Oleh sebab itu, cawapres nomor urut 3 Mahfur MD hanya berdiri di podiumnya selama debat, tidak seperti Gibran yang maju ke depan panggung bahkan mendekat podium Mahfud dan Muhaimin Iskandar.

Menurut Aria, keberadaan podium di panggung debat semestinya dimaknai bahwa kandidat harus tetap berada di podium sepanjang debat berlangsung

“Boleh maju atau tidak? Karena ketentuannya tidak boleh maju, ini penting. Kemudian mengintervensi panggung ini kan supaya ada yang statis, kalau perlu ga ada panggung,” kata dia.

TPN Ganjar-Mahfud Menyuarakan Kekecewaan dan Tuntutan

Politikus PDI-P ini khawatir, tindakan mendekati podium kandidat lain dapat menjadi hal yang provokatif sehingga KPU harus bersikap tegas kepada para kandidat.

“Saya paling sering melihat moderator hanya menegur para suporter tim hore dari masing maisng paslon tapi kurang mencermati dari para paslonnya sendiri,” ujar Aria.

Baca juga : Disinggung soal Janji Tak Akan Hadapi Prabowo dalam Pilpres, Anies: Saya Komitmen di DKI

Gibran juga terpantau mendekati Mahfud dan Muhaimin ketika menjawab pertanyaan yang diajukan oleh dua kompetitornya itu.

Sebelumnya diberitakan, Ketua KPU RI, Hasyim Asy’ari mengatakan, adanya podium berdasarkan evaluasi dan usulan dari tiga tim pasangan calon (paslon) calon presiden-calon wakil presiden (capres-cawapres) yang diakomodasi oleh KPU.

Pada debat capres perdana pekan lalu, tak ada podium yang disiapkan di atas panggung.

“Hal yang jadi catatan-catatan kemarin atau evaluasi sudah kita sepakati bersama. Di antaranya semua tim paslon mengajukan usulan bahwa di dalam debat nanti, (debat) kedua dan seterusnya masing-masing sampai (debat) kelima, itu disiapkan podium sederhana,” ujar Hasyim di Kantor KPU RI, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Senin (18/12/2023).

“(Podium) sebagai sarana untuk tampil dari masing-masing capres maupun cawapres dalam debat-debat seterusnya, kedua, ketiga, keempat dan kelima,” tegasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari beritalokal.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Beritalokal.com News Update“, caranya klik link https://beritalokal.com, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

You May Have Missed