Loading Now
×

TPN Ganjar-Mahfud Anggap Pertanyaan Pakai Singkatan Turunkan Kualitas Debat

TPN Ganjar-Mahfud Anggap Pertanyaan Pakai Singkatan Turunkan Kualitas Debat

JAKARTA, BERITALOKAL.com – Deputi Politik 5.0 Tim Pemenangan Nasional Ganjar-Mahfud, Andi Widjajanto, menilai bahwa calon presiden dan wakil presiden semestinya tidak menggunakan istilah yang disingkat saat mengajukan pertanyaan dalam debat.

Andi berpandangan, pertanyaan seperti itu menurunkan kualitas debat dan bakal melahirkan presiden atau wakil presiden yang hanya mampu menghapalkan singkatan.

Perdebatan tentang Singkatan dalam Debat

“Kualitas debat menjadi turun ya signifikan. Jadi akhirnya nanti kita punya wapres singkatan, siapa yang menjadi wapres adalah wapres yang hafal singkatan, kan repot,” kata Andi dalam konferensi pers, Sabtu (23/12/2023), dikutip dari YouTube Beritalokal.com.

Baca juga: Muhaimin Janjikan Satu Lapangan Satu Desa untuk Olahraga dan Seni

Persoalan ini muncul setelah cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming bertanya soal SGIE atau State of The Global Islamic Economy kepada cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar dalam debat cawapres, Jumat (22/12/2023) malam.

Menurut Andi, ketika ada kandidat yang bertanya menggunakan istilah yang disingkat, moderator semestinya meminta kandidat menjelaskan singkatan atau istilah yang ia tanyakan.

TPN Ganjar-Mahfud Kritik Penggunaan Singkatan

Hal ini dinilai penting supaya publik sebagai audiens mendapatkan debat yang berkualitas dan waktu bagi penjawab tidak habis untuk bertanya soal kepanjangan dari singkatan atau maksud dari sebuah istilah.

“Kemarin Cak Imin kehilangan waktu ya satu, eh dua menit karena tidak bisa memakainya karena langsung dipotong menjadi 10 detik ketika Cak Imin bertanya apa itu SGIE,” kata Andi.

Andi menuturkan, sebuah singkatan harus dijelaskan karena setiap singkatan memiliki makna yang berbeda-beda di benak banyak orang.

Ia mencontohkan, istilah SGIE yang dilontarkan Gibran justru mengingatkannya ke kuliner khas Yogyakarta yaitu sego gurih ingkung enak atau nasi santan gurih dengan daging ayam.

Upaya Meningkatkan Kualitas Debat

“Berharap kalau nanti seandainya ada istilah terminologi yang memang tidak dipahami oleh satu kandidat, moderator memberikan kesempatan kepada penanya untuk menjelaskan maksud dari terminologi itu,” kata Andi.

Pada debat cawapres semalam, Gibran memberikan pertanyaan kepada Cak Imin tentang bagaimana caranya menaikkan skor dan peringkat Indonesia dalam SGIE.

“Gus Muhaimin Ketua Umum dari partai PKB, saya yakin sekali Gus Muhaimin paham sekali untuk masalah ini. Bagaimana langkah Gus Muhaimin untuk menaikkan peringkat Indonesia di SGIE ? Terimakasih,” ujar Gibran memberikan pertanyaan.

“SGIE,” lanjut Gibran memberikan penekanan kepada pertanyaannya saat melihat respons Cak Imin yang seolah masih memahami.

Baca juga: ziarah ke makan bung karno, prabowo: beliau proklamator pahlawan kita

Setelahnya, Cak Imin mengatakan dia tidak paham soal SGIE. Dia pun kembali bertanya kepada Gibran apa itu SGIE.

“Terus terang SGIE saya enggak paham. SGIE itu apa ?,” tanya Cak Imin.

You May Have Missed