Loading Now
×

Jokowi Sampaikan Dukacita atas Meninggalnya Presiden Iran

Jokowi Sampaikan Dukacita atas Meninggalnya Presiden Iran

Beritalokal.com – Presiden Joko Widodo mengucapkan belasungkawa atas meninggalnya Presiden Iran Ebrahim Raisi akibat kecelakaan helikopter pada Minggu (19/5/2024). Ucapan itu disampaikan Jokowi lewat akun media sosial X resminya @jokowi pada Senin (20/5/2024) petang.

“Innalillahi wa inna ilaihi raji’un. Duka cita mendalam atas wafatnya Presiden Iran, Yang Mulia Sayyed Ebrahim Raisi, beserta delegasi pendamping yang menyertai beliau dalam musibah kecelakaan di Iran,” kata Jokowi.

Baca juga : KPU Sebut PPATK Laporkan soal Transaksi Ratusan Miliar Rupiah dari Rekening Bendahara Parpol

“Doa tulus saya panjatkan bagi keluarga yang ditinggalkan dan masyarakat Iran,” tambahnya.

Diberitakan sebelumnya, Pesiden Iran Ebrahim Raisi meninggal dalam kecelakaan helikopter yang jatuh di daerah pegunungan dekat perbatasan Azerbaijan pada Minggu.

Pejabat setempat menyatakan Ebrahim Raisi meninggal dunia setelah puing-puing helikopter hangus yang ditemukan pada Senin (20/5/2024) pagi.

“Presiden Raisi, menteri luar negeri, dan seluruh penumpang helikopter tewas dalam kecelakaan itu,” ujar seorang pejabat senior Iran, dikutip dari Reuters, Senin (20/5/2024).

Kabar kematian Raisi kemudian dikonfirmasi Wakil Presiden Mohsen Mansouri melalui media sosial dan televisi pemerintah.

Baca juga: KPU Masih Telaah Laporan Dugaan Transaksi Janggal Dana Kampanye

Ebrahim Raisi terlibat kecelakaan helikopter Bell 212 bersama lima penumpang lainnya, termasuk Menteri Luar Negeri Hossein Amirabdollahian dan Gubernur Azerbaijan Timur Malek Rahmati.

Kecelakaan terjadi setelah rombongan tersebut pulang ke Iran usai menghadiri acara bersama Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev.

Adapun Presiden Ebrahim Raisi sebelumnya pernah bertemu Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor pada 23 Mei 2023 lalu.

Kunjungan tersebut merupakan yang pertama kali dilakukan Ebrahim Raisi ke Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Beritalokal.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Beritalokal.com News Update“, caranya klik link https://Beritalokal.com, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

You May Have Missed