Loading Now
×

Anies Janji Bangun Yogyakarta Jadi Pusat Pembauran Budaya Jika Terpilih

Anies Janji Bangun Yogyakarta Jadi Pusat Pembauran Budaya Jika Terpilih

YOGYAKARTA, BERITALOKAL.com – Calon presiden (capres) nomor urut 1 Anies Baswedan menyampaikan bakal menjadikan Yogyakarta sebagai salah satu pusat kebudayaan di Indonesia, jika terpilih dalam pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

Hal itu disampaikan dalam kampanye terbuka “Desak Anies” yang dilaksanakan di Rocket Convention Hall di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Selasa (23/1/2024), seperti dikutip dari siaran streaming Beritalokal TV.

“Kami memandang Yogya harus dijadikan salah satu, bahkan pusat kebudayaan Indonesia. Tempat penumbuhan budaya Indonesia,” kata Anies.

Baca juga: ziarah ke makan bung karno, prabowo: beliau proklamator pahlawan kita

Dalam kegiatan itu Anies juga memaparkan sejumlah misi pembangunan buat menunjang visi Yogyakarta sebagai pusat pembauran budaya nusantara.

Sejumlah program yang diusung Anies buat membangun Yogyakarta adalah Pusat Sinema Yogya, ruang terbuka hijau, kebebasan bersuara di kampus, ruang ekspresi kesenian dan olahraga, pengembangan sistem transportasi umum Translingko Yogya, pengelolaan sampah terpadu, dan akselerasi pembangunan wilayah selatan Yogyakarta.

“Yogya itu kami bayangkan sebagai sebuah pusat di mana kegiatan kebudayaan, kegiatan pendidikan itu akan bisa tumbuh di sini,” ujar Anies.

Baca juga : Disinggung soal Janji Tak Akan Hadapi Prabowo dalam Pilpres, Anies: Saya Komitmen di DKI

Kegiatan Desak Anies itu juga dihadiri oleh Ketua Majelis Syuro Partai Ummat Amien Rais.

Sebelumnya diberitakan, kegiatan Desak Anies mulanya direncanakan digelar di Museum Diponegoro Sasana Wiratama Jalan Hos Cokroaminoto Tegelrejo, Yogyakarta. Akan tetapi, pengelola mencabut izin kegiatan secara mendadak.

Juru Bicara Tim Pemenangan Nasional Pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Timnas Amin), Iwan Tarigan mengatakan, pegelola tempat secara mendadak mencabut izin acara secara sepihak pada Senin (22/1/2023) malam.

Baca juga: Muhaimin Janjikan Satu Lapangan Satu Desa untuk Olahraga dan Seni

“Padahal izin sudah diberikan, sound system (sudah disewa) dan 5.700 peserta sudah mendaftar,” kata Iwan kepada Beritalokal.com, Selasa pagi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Beritalokal.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Beritalokal.com News Update“, caranya klik link https://t.me/beritalokal, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

You May Have Missed